K-BioBoost - More information

K-BioBoost - More information
Untuk informasi seputar K-BioBoost...klik disini..

Manfaat sayuran organik.

Bukti semakin tingginya kesadaran masyarakat akan hidup sehat salah satunya adalah dengan menerapkan pola dan menu makanan yang sehat.  Banyak jenis-jenis penyakit baru yang bermunculan serta tingginya resiko terkena penyakit karena pola hidup dan makanan yang salah. 
Kini, sayuran organik menjadi salah satu tren baru dalam dunia kesehatan khususnya makanan sehat.  Manfaat sayuran organik ini sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Perbedaan Sayuran Organik dan Sayur Non Organik
Sebenarnya apa sih sayuran organik itu?  Secara fisik terlihat sama saja dengan sayuran non organik yang ada selama ini. 
Tapi yang jelas, manfaat sayuran organik ini lebih banyak dan menguntungkan bagi kesehatan lho!  Yuk, mari kita lihat perbedaannya antara lain :
Sayuran organik ini tidak menggunakan pupuk buatan.  
Kalau menanam sayuran pada umumnya petani menggunakan tambahan pupuk buatan seperti Urea, KCl dan lainnya untuk membantu pertumbuhan tanaman. 
Tapi, khusus pada sayuran organik tidak menggunakan pupuk buatan sama sekali.  Hanya menggunakan tambahan pupuk alam, seperti kompos dan pupuk kandang yang berasal dari  kotoran hewan.
Sayuran organik ini dalam proses penanamannya tidak disemprot dengan pestisida seperti insektisida maupun herbisida dan lainnya. 
Untuk menanggulangi hama dan penyakit yang datang, biasanya pertanian organik ini dibuat rotasi atau pergantian tanaman dalam satu area dan waktu tertentu, atau menggunakan predator dari hama tersebut.

Manfaat Sayuran Organik
Sekarang tidak sulit untuk menemukan sayuran organik karena sayuran ini sudah banyak yang menanam dan menjualnya.  Manfaat sayuran organik yang berguna bagi kesehatan tubuh kita antara lain:
Lebih segar , enak dan tidak cepat busuk.
Sayuran organik rasanya lebih manis, renyah dan segar.  Hal ini disebabkan kandungan air dalam sayur tidak terlalu banyak.  Selain itu, kandungan air yang sedikit dibandingkan dengan sayuran non organik membuat sayur organik ini lebih tahan lama dari proses pembusukan.
Aman dari kandungan zat kimia berbahaya.
Manfaat sayuran organik ini untuk mencegah/mengurangi masuknya zat-zat kimia dari pupuk buatan maupun pestisida dalam sayuran ke tubuh.  Residu atau endapan dari zat kimia tadi bisa membahayakan dan menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker.
Sayuran organik memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi seperti kandungan mineral dibandingkan sayuran non organik. Sayuran yang ditanam secara organik memang sangat menyehatkan bagi tubuh.
Secara fisik, mungkin agak membingungkan saat memilih yang mana sayuran organik dan non organik. Ada satu cara praktis untuk membedakannya.  Pilihlah sayuran yang tampilan fisiknya tidak mulus/agak jelek.  Perhatikan daun atau batang sayuran, jika ada daun yang berlubang atau dimakan ulat/serangga, berarti sayuran tersebut aman untuk dimakan.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan Anda disini!