K-BioBoost - More information

K-BioBoost - More information
Untuk informasi seputar K-BioBoost...klik disini..

Tingkat kepedasan Cabe

Rasa pedas pada cabe umumnya terasa di lidah berbeda antara jenis satu dgn lainnya.
lalu dengan ukuran apa kita untuk secara angka membedakannya??

Pedagang Cabe-cabean di pasar

Pertama kali oleh Wilbur Scoville 
seseorang yang mengembangkan Tes Organoleptic Scoville pada 1912. Pada rancangan aslinya, cairan ekstrak cabe dicampurkan dalam air gula sehingga 'pedasnya' tidak lagi dapat dideteksi oleh sebuah panel penguji (biasanya lima orang). Tingkat pencampurannya itu memberikan ukuran bagi skala Scoville ini. Jadi cabe manis yang tidak mengandung capsaicin sama sekali, pada skala Scoville nilainya nol. Artinya rasa pedas tidak ditemukan bahkan ketika cairan itu belum dicampurkan. Sebaliknya, cabe yang pedas, seperti misalnya cabai Habanero, mempunyai peringkat 300.000 atau lebih. Hal ini menunjukkan bahwa ekstraknya harus dicampurkan 300.000 kali lipat sebelum capsaicin yang terkandung di dalamnya tidak terasa lagi.
15 satuan Scoville sama tingkatnya dengan satu bagian capsaicin per satu juta. Jadi, konsentrasi yang tertinggi sama nilainya dengan 15.000.000 satuan Scoville. Kelemahan terbesar dari Tes Organoleptik Scoville ialah  ketidaktepatan nya, karena ia mengandalkan subyektivitas manusia.
 
Wilbur Scoville

Dengan perkembangan kromatografi cair berperforma tinggi (HPLC) (juga dikenal sebagai "Metode Gillett") kini telah memungkinkan peringkat Scoville ditentukan dengan ukuran langsung capsaicin dan bukan dengan menggunakan rasa yang berdampak kurang obyektif.


Struktur Kimia Capsaicin









 
Capsaicin atau capsaicinoids. Senyawa kimia tak berbau dan tak berasa ini tersembunyi dalam bagian putih dalam cabai. Ketika kita memakan cabai, capsaicin mengikat reseptor yang merespon rasa sakit akibat panas di mulut dan tenggorokan. Kemudian otak menerima pesan dan mengirimkannya ke tim pemadam tubuh agar menyingkirkan bahan panas itu. Reaksinya, sirkulasi tubuh meningkat, perspirasi mendingin dan beberapa reaksi tertentu hingga gangguan pun terjadi, termasuk hidung meler dan mata menangis.
Rasa sakit akibat memakan cabai juga melepaskan endorfin, pembunuh rasa sakit alami yang membuat makanan terasa lezat. Jadi, air mata yang keluar setelah makan cabai sebenarnya air mata bahagia. :-D



Tabasco pepper : 30.000 ~ 50.000 Scoville. (cabe rawit merah)
Trinidad Scorpion Moruga Blend (Moruga Scorpion)
Tingkat Kepedasan: 2.009.231 Scoville Heat Unit (SHU)






- Sumber : Kaskuser
Tags Scoville; Pedas; Cabe; Jenis Cabe 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan Anda disini!